Rabu, 01 Februari 2012

Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Pada suatu acara training para agen asuransi beberapa waktu yang lalu, ada seorang agen yang sharing bahwa dia pernah mengajukan klaim. Ditunggu punya tunggu ternyata klaim tersebut tidak juga segera cair. Padahal menurut dia, semua persyaratan administrasi maupun kelengkapan surat sudah terpenuhi semuanya. Setelah ditanyakan ke pihak penanggung(perusahaan asuransi). Ternyata masalahnya ada dokumen yang belum lengkap untuk ditandatangani. Dan langsung pihak penanggung mengecek ke pihak rumah sakit tempat nasabah menjalani rawat inap. Dan ternyata ada masalah administrasi (tanda-tangan seorang dokter) yang belum dibubuhkan. Dan setelah ditanyakan kepada yang bersangkutan memang mengakuinya, dengan alasan pribadi (tidak dapat kami tulis di sini).
Dan banyak lagi keluhan serupa tentang klaim yang tidak cair. Dan kadang dianggap merugikan nasabah. Namun setiap perusahaan asuransi terutama AXA Financial akan berusaha melayani dengan sebaik-baiknya apabila semua sudah sesuai dengan prosedur yang telah disepakati sebelumnya.
Dan di sini akan kami sampaikan beberapa penyebab kenapa klaim ditolak :
1. Kesalahan nasabah saat mengisi proposal permintaan asuransi.
2. Musibah atau resiko nasabah yang dialami tidak dijamin atau disebutkan dalam polis.
3. Karena nasabah belum melakukan kewajiban seperti membayar premi tepat waktu.
4. Klaim terjadi di luar periode polis sebelum masa pertanggungan mulai atau sesudah masa pertanggungan berakhir.
5. Nasabah terlambat melaporkan klaim ke perusahaan asuransi.
6. Nasabah tidak bisa membuktikan kerugian ataupun menghilakan barang bukti.
7. Atau karena perusahaan asuransi tidak diberi kesempatan untuk melakukan survey atau investigasi sebelum memutuskan pembayaran klaim.
8. Atau karena nasabah tidak bisa menunjukkan dokumen pendukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar